Selasa, 30 Oktober 2012

INVITA

Invita, gua pikir bakalan biasa aja, awalnya sih, gua gak begitu tertarik, lagian juga, gua udah biasa ke Jogja, bisa dibilang, gua HAMPIR hapal seluruh jalan di Jogja, mulai dari jalan raya, sampai ke jalan tikusnya!!.
hari pertama, gua mandi paginya di Paradise resto, kamar mandinya lumayan nyaman, tapi gak sebanding sama makanannya, dengan balutan kaos angkatan 20 hijau tosca, rombongan pun berangkat ke pabrik gula madukismo. Gak begitu terlalu menarik pas ngunjungin pabrik gula madukismo, mana gua mesti nyatet lagi dari awalnya pabrik itu kebentuk, sampai ke tahap-tahap pembuatan gula, pas ngeliat-liat dalamnya, terciumlah bau gula, makin dalem, bau karamel. Abis dari pabrik gula tadi, langsung ke kraton, aturan disana kaku banget!!. jaga omonganlah, perilaku juga mesti sopan. Tapi, kraton mesti diacungin jempol, gua pikir kraton Jogja satu-satunya tempat yang sama sekali gak pernah kedengeran kata kasar di dalemnya, kurang mantep apa coba???.
Kalo gak salah, abis dari kraton, dilanjutin makan siang di taman firdaos resto, satu-satunya restoran selama INVITA yang bikin gua kenyang, makananna enak, puas.
Abis itu, kalo gak salah, kita semua check-in di hotel Grand quality, hotel yang nyaman, pelayanan yang sigap, pas masuk kamar, gua mandi, langsung tiduran, rasa capeknya langsung hilang. Satu hal yang buat gua bingung, seharian perjalanan dari Jakarta ke Jogja, langsung dilanjutin dengan kunjungan berikutnya, kok temen-temen gua pada gak capek ya, terbukti mereka langsung main ke kamar temen yang lainnya.
Malamnya nonton sendra tari Ramayana, gak pake dialog, cuma narasi sedikit dari dalangnya, itupun pake bahasa Jawa. Tapi, gua langsung ngerti ceritanya pas ngeliat di depan panggung teaternya ada sinopsis ceritanya.
pulang ke hotel, gua langsung tidur.
Tengah malam gua kebangun, emang suka gitu sih, perut laper banget, gua liat daftar menunya di hotel room service, ada cheese burger, langsung aja gua pesen, awalnya ngerasa cheese burger yang ini pasti ukurannya kecil, pas makanannya dateng, gak kebayang gedenya!!!, kenyang!! gua udah mulai ngerasa seneng sama INVITA.
hari ke-2 setelah sebelumnya sarapan yang enak di hotel terlebih dahulu, kami pun ke museum gunung Merapi. lanjut lava tour ke rumahnya Alm. Mbah Maridjan. pengennya sih, naik motor trail, ngacu adrenalin, pas liat dompet, beh, gua baru sadar kalo duit banyakan di bank, alias bisa diambil kalo ada ATM, sayangnya gak ada ATM di sekitar situ, jalan kaki, udah terbiasa sih dengan naik gunung.
Abis itu ke Malioboro, di situ banyak sih yang bikin tatto, tapi gua pilih beli kaos oblong aja.
Ke pantai parangtritis, tebing yang indah di sebelah barat, berpadu dengan ombak keras bergulung-gulung di depan mata, ditambah lagi dengan suasananya gak terlalu panas dan gak terlalu dingin, menjadikan pantai tersebut pantai yang menyenangkan untuk pariwisata, tapi gak boleh berenang.
Pulang ke hotel, tidur hari terakhir
hari ke-3, setelah sarapan yang enak lagi di hotel kami pun berangkat ke SMA Taruna Nusantara, sekedar kunjungan, liat-liat situasi dan kondisinya disana.
abis itu, ke candi Borobudur, mengunjungi salah satu 7 keajaiban dunia, ajaib memang, zaman dulu belum ditemukannya semen, tetapi candi tersebut terbilang rapi dan antar batunya melekat dengan sangat sempurna. Tapi kodisinya sekarang miris, banyak patung-patungya yang telah dicuri orang, satu mitos mengatakan, kalo kita bisa menyentuh tangannya Budha dalam stupaa, keinginan kita terkabul, sebuah tantangan mudah, tetapi kesulitannya sangat berat, kalo gak tanggannya budha udah hilang, kita di teriakin sama penjaga candinya.
Pulang ke Jakarta
istirahat pada hari Minggu doang, bikin laporannya maksimal hari Rabu. Tapi gak disangka, laporan kelompok gua berhak mewakilkan 8E, dipresentasikan, diadu nilainya sama kelas lain, eh malah jadi juara satu.

kesimpulannya, INVITA tuh gua pikir kayak sungai, gua jadi perenangnya, pertama-tama kita merasa mesti menyesuaikan diri dengan arus sungai itru, lama-lama kita jadi menikmati dan tak terasa udah sampai di bibir muara sungai, tanda kita udah harus pulang.

Selasa, 07 Agustus 2012

Guru PPL

Sekolah gua, SMP Labschool Jakarta, kan dimilki oleh yayasan UNJ, jadi setiap tahunnya tuh UNJ ngirimin guru-guru PPL, nah yang jadi gua pikirin gimana ya, rasanya jadi guru itu. Kayak pelajaran Matematika masuklah guru PPL, bernama Perentina Sijabat, namanya juga anak muda, usia saya dan temen-temen dengan di pun gak jauh-jauh amat, selisihnya paling gak kan gak lebih dari 10 tahun. Walhasil, baru masuk, DIKACANGIN, tapi sih, keliatannya guru itu sabar, tapi apa karena terpaksa ya. Guru-guru PPL tahun lalu juga kayak gitu. Tapi dari sekian banyak guru PPL, gua bilang sih Pak Bimo orangnya yang paling sabar ngadepin kita semua, dia guru di bidang pelajaran bahasa Indonesia, orangnya gampang bersahabat deh kalo mau lebih jelasnya follow aja @bimosusenoo.

Also followed my Twitter

Aplikasi Facebook

Di Facebook, kan ada banyak aplikasi dan permainan yang seru, walhasil gua malah ngejadiin Facebook itu sebagai social media pengganti ps2 yang kadang-kadang diambil alih oleh adik-adik gua. Menurut gua, permainan yang paling seru itu adalah EA sport FIFA superstars, tapi sial nasib gua di game itu kurang hoki. Coba bayangin, yang lain pemain-pemainnya udah pada bagus-bagus, semisal Joe Hart, Ashley Young, Hugo Lloris, samir Nasri, Alvaro Arbeloa, gua? boro-boro kayak tadi, pemain bagusnya aja cuman Lee Chung Young sama Aaron Ramsey, yah elah, plus satu dah Hans-Jorg Butt. Alhasil, kalau Friendly Match lawan temen-temen gua, gua cuman bisa pake taktik 4-5-1, COUNTER ATTACK, bagus juga sih emang, tapi gua cuman bisa nungguin dah tuh sampe pemain dapet bola baru deh bisa terjadi gol, kalo gak, guanya kebobolan

Also followed my Twitter @SangHammam

Tawuran

Sebenernya, apa sih definisi kata tawuran itu yang sebenarnya. Menurut, ide pikir gua, tawuran itu kayak berantem, tapi keroyokan, pake senjata lagi, kayak model pernag gitu, biasanya sih yang sering kena kayak gitu ya, orang-orang kampungan, yang pada sok jagoan, beraninya cuman di belakang musuh, sama keroyokan, pake senjata lagi, mending punya sendiri, kalo minjem, misalnya  pake gir sepeda motor, motronya motor siapa coba kalo bukan motor bapaknya!, yah elah, udah tawuran, gak pake modal sama sekali, malahan ngeluarin duit buat nginep di rumah sakit buat bagian yang kalah, atau buat yang menang, palingan nginep bareng napi di penjara. Yah, gitu lah di Indonesia, identik dengan kerjasama, gotong royong, loyalitas tanpa batas, semangat juang tinggi. Emang sih, tawuran bakal terjadi jika satu temannya, sebut saja si A, disakiti oleh si B. Temen-temennya sih A bakal ngebantuin si A buat ngelawan si B sama temennya. Nyambung gak?. Tapi biar bagaimanpun, tawuran tetep aja perbuatan merugikan, udah ngerugiin diri sendir, orang lain, orang tua, para polisi, juga negara, gimana gak? orang fasilitas negara buat orang banyak yang di bangun lam, eh dihancurin barang 5 menit atau paling lama juga 1 jam.

Also followed my Twitter @SangHammam

Rabu, 01 Agustus 2012

Menurut saya, 3 gubernur yang sukses memimpin DKI Jakarta adalah:

1.   H. Ali Sadikin (1966-1977)
·       Memungut pajak yang tinggi dari perjudian
·       Membangun kompleks Kramat Tunggak sebagai lokalisasi para PSK (pekerja seks komersial) agar bisa lebih mudah diberikan nasihat
·       Membangun Taman Ismail Marzuki
·       Menggagas pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
·       Mendirikan Taman Impian Jaya Ancol

2.   Sutiyoso (1997-2007)
·       Menciptakan proyek angkutan umum busway
·       Memagari taman di kawasan Monas, Jakarta Pusat
·       Melarang siapa saja merokok di sembarang tempat, termasuk tempat umum
·       Memberlakukan PP. No. 43 Th. 1993, terutama pasal 51 ayat 1 tentang pengendara kendaraan bermotor di lajur sebelah kiri
·       Membuka pesan layanan singkat (SMS) untuk menampung keluhan-keluhan warga DKI Jakarta
·       Mengeluarkan Peraturan Gubernur No. 5 Th. 2007 tentang perniadaan semua unggas di permukiman warga

3.   H. Fauzi Bowo (2007-2012)
·       BOP berasal dari APBD
·       melakukan perombakan manajemen pemerintahan DKI Jakarta
·       melayani masyarakat dengan prinsip pelayanan prima yang mengutamakan kecepatan pelayanan dan kepuasan pelayanan.
·       memberdayakan masyarakat dengan prinsip pemberian otoritas kepada masyarakat untuk mengenali permasalahnya.
·       membangun sarana dan prasarana baik dalam bidang transportasi, pengendalian banjir, penyediaan ruang terbuka hijau, bahkan penyediaan air bersih bagi warga  Jakarta
·       inspeksi KTP pada di terminal-terminal pada saat usai mudik

Selasa, 31 Juli 2012

Kutukan Shalat Tarawih

mungkin gak banyak orang yang beranggapan bahwa sholat Tarawih menjadi prioritas utama di malam bulan Ramadhan, setelah shalat Isya tentunya. Ya, shalat tarawih memang berlandaskan hukum  Sunnah Muakkad, yaitu sunnah yang  dianjurkan. Tetapi aku dan keluargaku pernah mengalami sial hanya karena tersandung shalat Tarawih, beginilah awal ceritanya:

awalnya sih, gua gak terlalu nganggap penting apa itu shalat tarawih, sampai ketika itu pada suatu malam, bareng keluarga, pergi ke daerah Tambun, Bekasi. Liat rumah lama, karena tadinya itu rumah lama keluarga gua sebelum pindah ke Jakarta-yang sekarang di sewain. Lalu gua pergi skitar pukul setengah enam sore, rencanya sih sekalian buka di jalan, makan di rest area atau dimana. Sampai di rest area, gua shalat Magribh, dan makan di sebuah restoran khas Jepang, gak taunya di sana ketemu sama orang yang ingin sewa rumah gua, dia kerja disitu sebagagai operator. Makannya udah selesai, lanjut lagi ke Tambun, liat perbaikan rumah gua. sampai di tengah  jalan, bapak gua baru inget handphnenya hilang, dia cuman inget handphonenya terakhir kali jatuh di restoran Jepang. untungnya tadi, kenal sama operatornya, jadi langsung menelpon dia dan dia bilang bakal nyariin. Udah 15 menit, akhirnya dia menelpon dan dia bilang katanya nemuin. Lega. memang sih, handphone keluaran terbaru dengan Brand merk asal Korea selatan itu dibanderol harga sekitar 5 jutaan, jelas kaget lah kalau kenapa-kenapa sama tuh handphone. Masalah handphone selesai. Sampai di rumah gua, liat tukang bangunan lagi ngebenerin tuh rumah, sekarang malah dompet bapak gua yang ilang, wajarlah panik isinya aja ada KTP, SIM, kartu ATM, dll. Gua sih cuman liat dompetnya dimainin sama adek gua yang paling kecil. Semua bagian mobil di cari, hasilnya percuma, gak ketemu. malam itu malam paling suram. akhirnya setengah sebelas pulang ke Jakarta, tapi lewat jalan ke arah Cikampek, biar bisa ngambil handphone bapak gua di restoran Jepang tadi. eh, malah lewat tol ke arah Jakarta, akahirnya kelaur di Bekasi Barat, dan ngelanjutin lagi ke arah Bekasi Timur.

Masalah Handphne selesai, tinggal dompet yang tadi. Mungkin ini salah satu teguran dari Tuhan, percayalah, jika Tuhan tidak bisa memperingatkan hamba-Nya untuk beribadah, niscaya pasti Dia akan memberikan teguran apa saja, berapapun, ya, seberapa bebal otaknya.